Sunday, March 11, 2012

cinta lutung, presiden dan si wakil presiden

Sebenarnya gue belom punya cukup keberanian buat nulis cerita gue yang satu ini. Gue pikir-pikir agak bahaya juga kalau ada yang baca terus ngerti siapa yang gue maksud. Ini cerita lama tapi gue seneng setiap kali gue inget-inget lagi.

Waktu itu gue kelas 3 SMP. Gue sekolah di sekolah swasta katholik dimana gue sama guru gue adalah orang yang paling hitam di kelas. Ngerti kan?
Sekolah gue punya tradisi buat ngadain Retreat setiap akhir tingkat. Misalnya setiap kelas 6 SD, kelas 3 SMP, dan kelas 3 SMA. Tepat saat itu gue kelas 3 SMP yang artinya waktunya angkatan gue buat Retreat. Gue masih inget dengan jelas gue Retreat di Civita yang letaknya engga jauh dari WTC Matahari. Agak garing juga sih deket gitu. Tapi mengingat sekolah gue yang letaknya di pedalaman, hal ini udah cukup istimewa.

Seperti layaknya anak-anak SMP ababil lainnya, gue dan temen-temen gue heboh buat segala persiapan untuk Retreat selama 4 hari 3 malam. Sekedar info buat yang ga tau, retreat itu kegiatan rohani yang dimaksudkan untuk merenungkan kembali apa yang udah terjadi dalam hidup kita termasuk untuk mensyukuri berkat Tuhan dalam hidup kita.
Sebelum berangkat Retreat, banyak hal heboh yang kita bicarakan. Keberangkatan dibagi menjadi 2 shift. Shift kedua berangkat 4 hari kemudian setelah shift 1 selesai melaksanakan Retreat. Gue waktu itu masuk dalam shift 2. Keberangkatan di shift 2 adalah 2 setengah kelas. Gue bersyukur banget waktu itu bukan kelas gue (3E) yang kebagian buat dipecah.

Sekolah gue emang udah langganan setiap tahun buat Retreat di Civita. Rutinnya sekolah gue buat retreat di sana membuat munculnya rumor yang turun menurun dari angkatan atas. Beredar kabar kalau di Civita itu penuh dengan hantu dan teman-temannya. Ada berbagai cerita mulai dari dipanggil setan, ditindih setan, sampai diajak dugem sama setan. Seperti layaknya trend-trend anak ABG, gue sok sok teriak ketakutan waktu lagi cerita-cerita tentang itu. Civita itu dibagi menjadi 2 tempat. Civita 1 untuk satu setengah kelas dan Civita 2 untuk satu kelas. Rumor yang beredar, setan-setan dan hantu-hantu itu gentayangan di Civita 2.

Sampai akhirnya waktu keberangkatan tiba. Terpampang dengan jelas di mading kalau kelas 3E kebagian tempat di Civita 2. Sungguh membahagiakan. Gue yang tergolong kuat iman, hmm, ga seberapa kuatir sama masalah itu. Mau beribadah kok takut hantu. Agak ironis jadinya.

Sesampai kita di Civita semua rumor tentang hantu dan lain-lainnya hilang gitu aja. Semuanya tergantikan sama kebahagiaan dan kebersamaan kita di sana. Saat memulai sesi pertama dengan Romo yang bertugas di sana, kita diwajibkan oleh Romo untuk memilih presiden dan wakil presiden yang nantinya bertugas untuk memimpin kita selama 4 hari di sana.

Gue ga terlalu tertarik karena gue berpikir pasti banyak anak eksis lainnya yang terpilih. Entah bagaimana kejadiannya akhirnya terpilihlah gue jadi wakil presiden. Dan yang menjadi presiden adalah orang yang bakal gue ceritain.

Dia adalah Jonas. Temen cowok yang cukup dekat dengan gue dan temen-temen deket gue yang cewek. Bahkan Jonas itu adalah mantan pacar dari temen deket gue Lira, yang juga ikut Retreat waktu itu. Gue dan dia terpilih jadi presiden dan wakil presiden saat Retreat di civita waktu itu. Keadaan ini memaksa gue sering berdua sama dia di setiap kesempatan.

Kasus pertama yang kita selesaikan berdua adalah membujuk Romo. Waktu itu salah satu temen gue sakit. Namanya Rony. Rony muncul di aula saat kita sedang berada di tengah-tengah sesi ibadah di malam pertama kami di civita. Romo yang melihat hal itu tiba-tiba marah. Dia marah karena ada anak yang terlambat kemudian muncul tiba-tiba di tengah sesi. Rony yang muncul dengan lunglai itu habis kena semprot dari Romo yang berbadan tegap serta berkumis tebal itu. Sampe akhirnya gue memberanikan diri buat mengangkat tangan dan bilang ke Romo kalau Rony memang sudah izin telat karena ia sedang tidak enak badan. Gue udah pede setengah mampus saat itu. Gue pikir gue bakalan jadi orang yang berjasa karna udah menurunkan amarah dari Romo dan menjadi pahlawan buat Rony. Ternyata semua di luar perhitungan gue. Si Romo ngambek karena dia udah terlanjur berdosa dengan marah-marah ke Rony yang ternyata ga salah. Dia marah ke gue dan Jonas karena kita ga lapor dulu
sebelumnya ke Romo. Dan Romo pun walk out dari aula.

Semua temen-temen gue heboh saat itu. Agak geli juga kalau inget betapa kita sok-sokan kocar kacir waktu itu. Akhirnya sebagai pemimpin gue dan Jonas lah yang bertanggung jawab membawa Romo balik ke aula. Sebelum ke ruangan Romo, sepanjang perjalanan gue dan Jonas malah keketawaan. Ini lucu. Gue sama dia sama-sama ga mau kebagian buat ngomong duluan ke Romo. Kita sama-sama lempar tanggung jawab. Sampai kita latihan ngomong dulu sebelum berhadapan langsung sama Romo. Gue ngerasa bahagia banget waktu itu. Ada sesuatu yang aneh yang gue rasain sebagai anak kelas 3 SMP.
Dan kita pun tidak berhasil membawa Romo kembali. Tapi Romo sudah memaafkan kita dan berjanji untuk datang di sesi berikutnya.

Kegiatan-kegiatan gue selama di Civita semakin padat dan menyenangkan. Semua kegiatan semakin mengakrabkan gue dan temen-temen gue lainnya. Termasuk dengan Jonas. Malam kedua adalah malam renungan tentang orang tua. Gue duduk di sebelah Jonas malam itu. Jonas memang terlahir dari keluarga yang berada. Kata temen-temen gue, bokapnya Jonas itu direktur. Tapi ga tau direktur apa. Juragan ojek juga bisa dibilang direktur kan.
Tapi mamanya Jonas udah meninggal. Gue sendiri lupa kapan meninggalnya. Yang jelas pas di retreat itu gue tau kalau nyokapnya Jonas udah meninggal.

Malam renungan di hari kedua adalah mengenang jasa seorang ibu. Jadi ada seorang guru gue, cewek, duduk di kursi yang dikelilingi sama kita peserta retreat. Dikisahkan dalam malam renungan itu guru gue ini adalah ibu dari kita masing-masing. Seorang pemimpin renungan mengkisahkan ibu kita ini menyebalkan. Sering marahin kita ini itu dan sebagainya. 
Masing masing anak mulai dari ujung disuruh buat ngiket guru gue ini di kursi pakai tali yang udah disiapin. Setiap anak yang dapet giliran buat ngiket guru gue ini, dia juga harus mengeluarkan amarah ke ibunya masing-masing lewat kata-kata. Gue inget banget waktu itu gue ada di urutan keempat. Tiga orang temen gue yang maju sebelum gue, ngiket sambil ngeluarin kata-kata amarah buat nyokap mereka. Gue geli sendiri kan ya. Bukannya gue ga hanyut dalam renungan malam itu. Tapi itu beneran lucu. Temen gue nangis sampe ingusnya meler-meler terus maju sambil marah marah "mama jahat, mama ga pernah ngertiin aku"
Gue ga sanggup ngebayangin gue harus maju dan ngomong kayak gitu. Saat itu gue sadar bukan cuma gue doang yang buka mata dan nahan ketawa. Temen-temen gue yang lain beberapa juga gitu. Kita emang udah nangis pas pengantar renungan di awal, tapi jadi nahan ketawa karna temen gue ini. Tiba saatnya giliran gue yang maju. Engga, gue mau kayak sinetron gitu. Akhirnya gue cuma maju terus ngiket guru gue itu tanpa ngomong apapun tapi sok sok sambil marah dan kecewa. Gue merasa keren banget waktu itu. Marahnya elit. Setelah itu, semua temen gue yang maju setelah gue, ngikutin cara gue. Ga ada lagi yang ngeluapin marahnya lewat kata-kata seperti yang disuruh oleh pemimpin renungan. Gue rasa tiga orang temen gue yang maju sebelum gue menyesal sampai sekarang.

Singkat cerita, gue ngerasa ekspresi Jonas beda banget malem itu. Matanya berkaca-kaca. Gue ga tega banget ngeliatnya. Miris banget. Aduh, kalau gue punya keberanian, gue peluk langsung pasti.

Besok paginya ternyata ada sesi lanjutan dari sesi tentang nyokap di malam sebelumnya itu. Kejadian di awal sesi ini adalah awal gue ngerasa deket banget sama dia. Pagi hari sekitar jam 8 pagi kita udah kumpul di aula. Seperti biasa benda-benda yang harus dibawa setiap sesi adalah alkitab, buku tulis, alat tulis dan buku acara. Emang dasar gue si tukang kege'eran, pagi itu pede gue maksimal banget. Keluar kamar sehabis mandi, gue siap-siap ke aula. Seorang temen cewek gue bilang gue cantik pagi itu. Jadilah gue semangat ketemu orang-orang. Gue harap temen gue ga muntah habis ngomong kayak gitu.

Sesampai gue di aula, gue ngeliat aula sudah mulai penuh sama temen-temen gue yang udah di sana dari pagi. Gue dan temen-temen deket cewek gue memilih buat duduk di bagian sayap kanan karena kita duduk dengan pola memutar. Di seberang, pas banget di depan gue, gue lihat Jonas udah duduk anteng banget. Dia ngelihat gue dan mengisyaratkan sesuatu ke gue. Gue sendiri samar-samar ngeliatnya. Agak ga jelas. Sampai akhirnya gue bisa denger dan ngerti apa maksud dia waktu itu. Dia minta gue buat duduk di sebelahnya. Jujur, gue seneng banget waktu itu. Seneng banget. Yang buat gue lebih seneng lagi, waktu itu ga ada lagi kursi kosong di sebelah dia
"Tapi di sebelah lo ga ada kursi kosong Nas"
"Gue cariin kursi deh"
"Mana cari dulu" jawab gue kesenengan.
Setelah gue jawab itu, Jonas berdiri dan siap nyari kursi. Dia akhirnya balik ke tempatnya sambil ngangkat-ngangkat kursi terus naro kursi itu di sebelah kursi dia.
"Tuh Yos udah gue cariin kursi"
Dan gue pun pindah. Ah gue pun semakin ge'er. Sial.

Setelah kejadian pindah kursi itu banyak kejadian lain yang bisa bikin gue kesenengan dan ge'er. Dia nyuruh gue pake jaketnya dan nitipin dompetnya ke gue. Dia ngekor kemana pun gue pergi. Gue pergi ke kolam besar sama dia buat ngasih makan ikan-ikan. Agak terlalu sinetron, tapi gue bener-bener seneng waktu itu.

Ada dua kegiatan puncak di malam terakhir retreat. Yang pertama adalah berjalan bersama-sama ke gua Maria, yang kedua adalah apresiasi seni setiap kelompok. Malam itu gue udah siap di aula buat mobilisasi ke Gua Maria. Mengingat gue adalah wakil presiden, gue harus dateng duluan dan siap di barisan paling depan. Dan mengingat Jonas adalah presiden, dia baris tepat di depan gue.

Sebelum berjalan ke Gua Maria, kita dapat instruksi dari Romo agar kita bergandengan tangan satu sama lain hingga tiba di Gua Maria nanti.
Ok, bergandengan tangan.
Ini artinya adalah gue bergandengan tangan dengan Jonas sampai ke Gua Maria yang gue harap jaraknya amat sangat jauh.

Struktur jalan ke Gua Maria kurang bersahabat. Naik turun, bukit-bukit kecil, licin (karena habis terkena hujan di siang harinya), dan yang lebih merepotkan setiap orang dari kami harus membawa lilin yang sedang menyala. Gue ga merasa repot sama sekali buat bawa lilin karena itu artinya setiap orang dari kita hanya bisa bergandengan dengan satu orang. Artinya ya berpasangan. Dan karena waktu itu gue ada di barisan depan belakang dengan Jonas, dengan sangat terpaksa (ehm), gue harus berpasangan dengan Jonas. Gue melting banget sepanjang jalan. Dia amat sangat perhatian sama gue dan gue ngerasa dia emang beda banget. Jadilah gue ge'er banget malam itu.

Bisa dibilang apa yang terjadi sama gue itu adalah cinlok. Gue sendiri ga tau apa yang dia rasain tapi dia jadi sering banget pengen cerita ini itu ke gue.
Saat di perjalanan pulang, gue nerima telepon dari nyokap gue. Nyokap bilang namboru (tante) gue baru aja meninggal. Namboru gue ini adalah namboru yang paling deket dan baik sama gue. Gue ga kuasa nahan nangis di bus saat itu.
Jonas lihat gue nangis waktu itu. Dia datang dan nyamperin gue. Dia amat sangat perhatian dan sangat membantu buat nguatin gue. Dan itu semakin membuat hati gue kocar kacir ga karuan.

Beberapa hari setelah pulang retreat, di kelas gue semakin dekat dengan Jonas. Dalam dua mata pelajaran, Jonas pindah tempat duduk ke kursi yang berdekatan dengan gue. Gue amat senang dan merasa tambah melting dengan setiap perlakuan dia.

Siang itu kelas gue sedang mengikuti kelas olah raga. Seperti biasa selagi nunggu ini itu gue dan teman-teman cewek gue gosip dan cerita-cerita ga jelas. Entah ga tau datang dari mana, seorang temen gue ada yang ngomong
"Cieee Rere yang baru jadian"
"Sama siapa sama siapa" gue menimpali.
"Sama si Jonas"
Deg!
Gue langsung mundur beberapa langkah kecil waktu itu sangking shocknya. Gue berusaha terlihat sebiasa mungkin di depan temen-temen gue.
"Ciee Rere ga bilang bilang nih" ujar gue dengan tenggorokan yang seperti habis tersedak biji duren.

Gue ga tau harus ngapain. Rasanya langit runtuh dan gue ngerasa kaki gue gemetar nahan kaget. Gue rasanya mau gali lobang dan berebutan sama marmut buat ngumpet di dalam lobang itu.
Satu hal yang gue pelajari dari kisah SMP gue ini, gue ga boleh mudah terpesona sama sesuatu hal. Perhatian dari orang lain yang berlebihan, bukan berarti orang itu suka sama gue.

Dalam kenyataannya, jangan pernah terbang terlalu tinggi karena jatuhnya akan lebih sakit.


Perjalanan pulang ke rumah.
Commuter Line Bogor-Jakarta Kota
Sabtu, 10 Maret 2012 (18.03 WIB)

No comments:

Post a Comment