Friday, March 16, 2012

Papaku manis, Papaku sayang


Menurut gue, hampir semua orang di dunia punya definisi yang sama tentang sosok seorang ayah. Ayah, papa, bapak, dan apapun panggilan lainnya adalah seseorang yang rela melakukan apa pun untuk anaknya.

Hepni Harto Hutagalung. Seseorang yang gue kenal sebagai ayah biologis selama 20 tahun. Gue sendiri manggil bokap gue dengan sebutan papa sejak gue lahir sampai di umur gue yang udah 20 tahun saat ini. Dua puluh tahun bukan waktu yang singkat untuk gue bisa mengenal bokap gue begitu juga sebaliknya. Bokap gue adalah seorang pria berpostur tubuh besar, tegap, dan memiliki perut yang buncit. Berkumis tebal dengan warna kulit yang cukup dapat dikatakan putih untuk ukuran pria. Sebelum menikah, bokap gue punya badan yang kurus dan penampakan yang tidak terawat. Entah apa yang telah dilakukan nyokap gue sampai bokap gue bisa berubah 180 derajat kayak sekarang.

Bokap gue adalah anak pertama dari sebelas bersaudara. Sebenarnya bokap gue itu anak kedua. Tapi di dunia perbatakan, anak perempuan itu disebut boru sedangkan laki-laki baru dikatakan anak. Aneh juga kalau dipikir-pikir. Bokap gue lahir dan besar di Padang Sidempuan, Sumatra Utara. Ibunya (Opung boru gue) adalah seorang guru SD Negeri, sedangkan ayahnya (Opung doli gue) adalah seorang sipir penjara. Dididik dalam keluarga batak yang tegas dengan ayah seorang sipir penjara membuat bokap gue menjadi ayah yang tegas juga dalam mendidik anak-anaknya. Bokap gue pernah cerita kalau dia pernah digantung terbalik di pohon sama opung gue. Kerjaan opung gue yang adalah sipir penjara membuat dia keras dalam mendidik anak-anaknya. Mungkin karena pengalaman dan didikan opung gue itu, bokap gue dulu pernah menjadi seorang ayah yang keras dalam mendidik anak-anaknya.

Waktu itu gue masih SD. Kalau tidak salah mungkin sekitar kelas 2 atau kelas 3 SD. Malam itu entah kenapa hanya karena berebut posisi di tempat tidur, gue bisa sampai jambak-jambakan sama kakak perempuan gue yang beda umurnya hanya dua tahun dengan gue. Gue emang udah terbiasa buat tidur di pinggir tempat tidur yang dekat dengan lantai sedangkan tempat kakak gue tidur biasanya adalah di pinggir dekat tembok. Entah apa yang dipikirkan kakak gue malam itu. Dia minta gue dengan dia bertukar posisi. Gue yang adalah orang yang tidak biasa menyesuaikan diri dengan lokasi posisi tidur yang baru menolak dengan mentah-mentah. Jadilah gue di situ jambak-jambakan. Dan yang selalu terjadi adalah gue yang pasti nangis kalau lagi berantem dengan kakak gue. Dari kecil gue emang dipanggil anak cengeng karna gampang banget nangis. Sampai-sampai waktu kecil gue benci banget sama lagu Messy yang liriknya gini kalau ga salah “bang bang tut gundal gandil, anak baik jangan cengeng, bang bang tut gundal gandil, anak cengeng ga diajak main”
Jadilah gue di situ takut kalau-kalau ga ada yang ajak gue main lagi.
Balik ke cerita tadi. Suara tangisan dan perkelahian kakak gue tampaknya terdengar jelas sampai kamar bokap gue. Bener aja. Bokap gue langsung naik pitam ngeliat kelakuan gue dan kakak gue. Dia langsung ambil kemoceng dan masuk ke kamar gue. Melihat bokap gue masuk, gue dan kakak gue langsung diam.
“PAKKK!”
Jadilah paha mulus gue jadi sasaran kemoceng. Bokap gue saat itu langsung marah-marah. Gue nahan sakit sambil sesenggukan. Hebatnya kakak gue ga kena apa-apa saat itu. Bokap gue keluar kamar. Saat itu kakak gue langsung bergegas ke tempat tidur posisinya yang biasa dekat tembok dan menutup dirinya dengan selimut. Ckck licik memang. Gue pun langsung mengambil posisi tidur sambil sesenggukan. Ga lama setelah itu, nyokap gue masuk bawa balsem. Nyokap bilang kalau bokap gue yang nyuruh supaya nyokap kasih balsem ke paha gue. Dia bilang bokap gue nyesel banget saat itu.
Aneh memang. Tapi gue ga pernah marah karna hal itu. Besoknya gue sekolah dengan paha yang biru-biru. Yang lebih aneh adalah gue dengan bangga menunjukkan tato bekas kemoceng itu ke temen-temen gue. Anak SD memang amat sangat ababil.

Bokap gue dulu juga adalah seorang yang tempramen. Pernah suatu ketika gue nangis ga terkontrol gara-gara bokap gue. Kalau ga salah waktu itu gue udah SMA. Tapi mungkin masih kelas 1 SMA. Malem itu nyokap gue pulang dari komisi wanita di gereja. Nyokap mampir dulu di warung tenda di dekat gereja. Dia membeli satu kotak penuh pisang goreng Kalimantan dan  gorengan kacang hijau. Keluarga gue termasuk keluarga pecinta pisang goreng. Khususnya adik laki-laki gue yang bedanya 5 tahun sama gue. Yoshua Bilowo Hutagalung. Dia adalah pemakan segala. Jarang banget terucap kata kenyang dari mulutnya. Mungkin karna sedang dalam masa pertumbuhan. Singkat cerita, nyokap gue masuk ke kamar dia yang waktu itu hanya ada gue dan gue sambil membawa sekotak penuh pisang goreng. Kamar nyokap bokap gue emang ruangan multi fungsi. Kami sekeluarga nonton, makan, ngobrol bahkan dapat tidur sama-sama di tempat itu. Gue dan iyos (nama panggilan adik gue), kesenengan waktu pisang goreng itu datang. Setelah memberikan pisang itu, nyokap gue langsung keluar kamar. Iyos langsung dengan cekatan hendak ngambil pisang goreng yang masih cukup panas itu. Gue langsung narik kotak pisang itu dari si iyos. Gue sama sekali ga bermaksud mau berebut pisang goreng. Ga sama sekali. Waktu itu gue cuma ingin nyuruh adik gue buat cuci tangan terlebih dahulu karena gue tau dengan jelas apa aja yang sebelumnya dia pegang. Si iyos yang matanya sudah dibutakan dengan pisang goreng panas yang menggoda itu ga mau memundurkan moment indah buat makan pisang goreng sedetik pun. Dia berusaha merebut pisang goreng yang gue pegang di belakang punggung gue dengan sekuat tenaga. Tiba-tiba pintu kamar terbuka dan muncullah bokap gue. Bokap gue yang ngeliat kejadian itu berpikiran kalau gue dan iyos sedang berebut makanan. Bokap gue mikir gue ngelarang-larang adik gue buat makan banyak. Darah yang ada di sekujur tubuh bokap gue langsung naik ke kepala. Gue shock dengan apa yang dilakukan bokap gue. Gue ga nyangka bokap gue akan selebay itu. Bokap gue langsung narik kotak pisang goreng yang ada di tangan gue. Semua isinya ditumpahkan dan semuanya dikoyak-koyak sampai hancur pake tangan bokap gue sambil marah-marah ke gue ga karuan. Gue yang ketakutan langsung mumut pisang goreng yang berserakan di lantai. Gue berusaha ngebersihin lantai sambil nangis sesenggukan. Adik gue cuma bisa ngacir saat itu. Gue ngerasa hati gue juga ikut hancur kayak pisang-pisang itu. Gue keluar kamar dan  nangis di depan dispenser. Nyokap gue langsung masuk kamar buat nenangin bokap gue. Gue bener-bener nangis sejadi-jadinya di luar. Dari dalam kamar, nyokap gue manggil gue.
“Si, masuk dulu dini.”
“iya ma bentar, aku nyari sapu dulu” jawab gue dengan suara mirip bencong yang lagi nangis pas dijaring sama trantib.
Lama dari gue ngejawab itu, gue ga masuk-masuk ke kamar. Gue nangis di lorong rumah gue sambil jongkok. Yang amat sangat gue inget, waktu itu gue berdoa. Gue ga tau sangking sedihnya gue, gue cuma kepikiran buat berdoa. Nyokap gue yang ga sabar karna gue ga masuk-masuk, keluar kamar buat nyamperin gue.
“Ayo masuk dulu Si”
“Bentar ma, aku lagi berdoa” jawab gue sambil sesenggukan.
Nyokap gue langsung kembali masuk kamar dan ngasih tau bokap gue kalau gue lagi berdoa dulu. Gue mengumpulkan segenap keberanian buat berdiri kemudian nyari sapu dan masuk ke kamar.
“Papa ga suka liat kalian berantem karna makanan” ujar bokap pas gue lagi akting nyapu di kamar.
“Gimana papa ga marah liat kayak gitu” tambah bokap gue.
“Iya pa, tadi aku cuma mau nyuruh iyos cuci tangan dulu.” Jawab gue sebisanya.
“panggil dulu si iyos ma,” suruh bokap gue.
Iyos pun masuk ke kamar dengan raut muka yang disentil dikit pasti nangis. Bokap gue belum nanya apa-apa, adik gue langsung ngomong sambil nangis,
“Kakak Osi ga salah Pa. Tadi kakak cuma nyuruh aku cuci tangan dulu”
Oohhh so sweet sekali ade gue yang satu ini.
Bokap gue yang saat itu amarahnya udah turun nyuruh gue buat ambilin minum buat dia. Gue pun dengan cekatan ngambilin minum. Saat gue kasih minum itu ke bokap gue, dia langsung meluk gue sambil minta maaf.
“maafin papa ya nang. Abis papa ga suka kayak gitu”
Adik gue yang ngeliat hal itu langsung ikutan nangis sejadi-jadinya. Memang sinetron banget adegan yang satu ini. Ga lama dari itu, bokap gue ngomong
“masih ada pisang gorengnya yang bisa dimakan?”
Aduh, please deh pap.

Kalau ada satu kata di atas kata bersyukur, hal itu yang cocok buat menggambarkan perasaan gue atas pilihan Tuhan menempatkan gue sebagai anak kedua dari Bapak Hepni Harto Hutagalung. Gue masih inget waktu itu gue kelas 2 SMA. Gue lagi ada di acara Retreat PPKr SMA 2. Saat itu sedang dalam sesi mengampuni seorang ayah. Satu sama lain disuruh bercerita tentang apa yang ayah pernah lakukan yang amat menyakiti hati kita sebagai sebagai anak. Cerita teman-teman gue begitu mengharukan. Ada yang ditinggal ayahnya pergi, disakiti ayahnya, dan lain-lain. Saat giliran gue bercerita, gue hanya menceritakan tentang kisah pisang goreng.

Hal ini sangat lucu. Gue ga pernah sekalipun merasa marah sama bokap gue karna gue mengenal bokap gue dengan sangat jelas. Semua yang dilakukan bokap gue, gue amat sangat yakin ga ada satu pun di antaranya yang bertujuan buat nyakitin hati gue. Ga ada. Setelah itu adalah sesi nangis-nangisan untuk dapat mengampuni ayah masing-masing. Gue sama sekali ga nangis karna gue merasa ga ada satu pun hal yang perlu diampuni dari bokap gue.

Seiring berjalannya waktu, sifat tempramen bokap gue mulai berkurang bahkan gue ngerasa bokap gue bener-bener jadi sosok yang sabar saat ini. Sekarang ini bokap gue melayani di gereja sebagai seorang Ketua Majelis. Bokap gue bilang, dia mau nerima pelayanan itu karena dia mau belajar jadi orang yang punya integritas. Dari gue kecil, bokap gue adalah sosok pria yang paling gue kagumi. Sifat bokap gue saat ini bener-bener keren. Terlebih waktu kemaren gue sakit. Ga ada kalimat kalimat yang bisa menggambarkan kebaikan bokap gue pas gue lagi sakit kemaren. Sekarang pun gue nulis dengan amat sangat ga nyantai. Gue ga tau mesti gimana buat gambarin betapa baik dan hebatnya bokap gue selama ini. Dia adalah penguat gue, pembimbing gue, dan segalanya buat gue. Gue rasa semua kebaikan di dunia ini udah pernah bokap gue lakuin buat gue. Gue semakin menyadari betapa bokap gue menyayangi gue saat gue lagi sakit kemaren. Terlebih pas gue dirawat di rumah sakit. Baru setengah jam di rumah, bokap selalu pengen balik lagi ke rumah sakit. Semua yang dilakukan bokap sekarang manis banget. Setiap gue pulang ke rumah, papa selalu minta cium.

Ada satu hal unik yang bokap gue kasih tau ke gue. Jadi bokap gue akan menguji siapa pun yang bakal jadi pasangan hidup gue nanti.
“Papa nanti uji dulu cowoknya”
“Gimana caranya?” jawab gue
“Nanti papa siapin tembok dari styrofoam. Dibuat sebisa mungkin tembok itu kayak asli, kayak terbuat dari batu bata yang keras padahal mah cuma styrofoam. Terus papa panggil cowoknya. Papa tantang dia. Kalau kamu benar-benar mencintai anak saya, hantamlah tembok keras itu dengan badanmu”
“Hahaha terus kalau dia berani papa bolehin langsung ya,” jawab gue.
“Bukan gitu. Kalau dia ga berani nabrak tembok itu, papa bakal bilang ‘kamu gugur! Kamu pengecut tidak berani menghantam tembok. Gimana bisa jagain anak saya’. Kalau dia berani nabrak tembok itu papa bakal bilang ‘Kamu bodoh seperti Sondang Hutagalung (orang yang mati karna membakar dirinya sendiri saat demo menentang kebijakan pemerintah)! Sudah saya bilang itu tembok keras, masih saja kamu hantam. Kamu emang mau mati? Terus siapa yang jagain anak saya nanti! Kamu gugur’. Begitu yang bakal papa bilang” papar bokap gue.
Terus kapan gue mau punya pasangan hidup paaaaaaaap -____-

Bokap gue bilang supaya anak-anak perempuannya dapet pasangan hidup yang sosoknya seperti dirinya. Sebelum bokap gue ngomong kayak gitu, gue juga sudah amat sangat ingin punya suami kayak bokap gue. Bokap gue adalah seorang pria yang setia pada Tuhan, dan juga pada keluarga. Dia amat sangat memperlakukan nyokap gue sebagai istri yang paling beruntung di dunia ini.
Dulu bokap gue adalah perwakilan dari gereja gue yang ikut father school yang ownernya adalah persekutuan Kristen di Korea Selatan. Sejak mengikuti kegiatan itu, bokap gue punya slogan
“Papa baik, keluarga baik. Papa baik keluarga baik.”
Dan ternyata hal itu terjadi di keluarga gue.

Besok. 17 Maret 2012 adalah ulang tahun bokap gue yang ke 51 tahun. Dua puluh tahun yang lalu, sejak Tuhan netapin gue sebagai anak biologis dari bokap gue, sejak saat itu pun gue tau, Hepni Harto Hutagalung adalah pria nomor 1 di dunia yang ada dalam hidup gue.
Selamat ulang tahun Pa. Papaku manis papaku sayang.
Tuhan Yesus selalu memberkati papa. Aku sayang papa. Aku cinta papa. Papa luar biasa. Papa hebat. Papa adalah semangat hidup buat aku. Maaf selama ini aku cuma bisa nyusahin, ngehabisin duit keluarga, dan cuma bikin repot. Aku tau aku belom bisa buat papa bangga. Papa pernah bilang kalau aku mau dipakai Tuhan lebih lagi. Iya Pa, aku pastikan aku selalu dalam Tuhan Yesus dan dapat menjadi kesaksian buat orang-orang. Papa yang di dunia aja udah sebaik ini, apalagi Bapa kita di Sorga kan Pa.

“Lord Jesus, I'm very grateful because you have selected the best dad in the world for me. Through him I could see Thy glory. I love You, Lord Jesus”


Free time
Kamar 19, Yasmin, Alamanda, Jalan Raya Dramaga
Jumat, 16 Maret 2012 (20.15 WIB)



No comments:

Post a Comment